PEMANFAATAN LAHAN SEKOLAH UNTUK KEGIATAN BUDIDAYA TANAMAN

PEMANFAATAN LAHAN SEKOLAH
UNTUK KEGIATAN BUDIDAYA TANAMAN
Oleh : Supriyadi, S.Pd.

Sekolah merupakan suatu lembaga yang dirancang untuk pengajaran bagi murid / siswa di bawah pengawasan guru. Melalui lembaga sekolah siswa diharapkan memiliki bekal ilmu pengetahuan, sikap yang baik, keterampilan yang mendukung serta pengalaman yang banyak guna bekal melanjutkan kehidupannya kelak. Selain itu siswa juga diharapkan memiliki kepedulian terhadap lingkungan sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan alam.
Sebagai salah satu sekolah di Indonesia, SMP Negeri 1 Kranggan yang berada di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah berusaha mendukung kepedulian terhadap lingkungan tersebut melalui berbagai kegiatan yang dilakukan di sekolah. Kegiatan tersebut antara lain adalah gerakan kebersihan lingkungan, pemeliharaan tanaman, bank sampah, pembuatan biopori, penanaman tanaman, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Kegiatan penanaman tanaman dilakukan di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan lahan - lahan kosong yang masih ada. Lahan tersebut digunakan untuk memberikan pengetahuan serta pengalaman bagi siswa SMP Negeri 1 Kranggan dalam hal kegiatan bercocok tanam. Adapun tanaman yang di tanam adalah tanaman sayuran seperti cabai, tomat, sawi, jagung, kacang tanah, ketela pohon, ubi jalar serta tanaman obat seperti jahe, kunyit, dan sereh.
Seperti yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kranggan pada hari Rabu, 2 Maret 2016 kemarin. Pada kesempatan itu siswa di ajak untuk turun langsung ke lahan guna menanam tanaman ubi jalar dan kacang tanah. Terlihat siswa begitu antusias dalam kegiatan penanaman tanaman tersebut. Di harapkan dengan kegiatan tersebut, siswa dapat memanfaatkan lingkungan sekitar dengan baik guna menjaga kelestarian lingkungan.

Gambar. Penanaman tanaman ubi jalar oleh siswa SMP Negeri 1 Kranggan

Hal lain yang ingin dilakukan pihak sekolah untuk menggugah empati siswa terhadap lingkungan adalah pembiasaan membuang sampah pada tempatnya. Sudah disediakan banyak tempat sampah sesuai jenis sampah masing – masing, seperti sampah organik, sampah plastik, sampah kertas, dan sampah kaca serta logam. Harapanya siswa dapat membuang sampah di tempat sampah sesuai dengan jenis sampahnya. Ini dilakukan agar pemilahan dan proses daur ulang sampah akan lebih mudah.
Gambar. Bak Sampah

Tujuan akhir dari berbagai kegiatan tentang lingkungan adalah perubahan perilaku seluruh warga SMP 1 Kranggan agar menjadi lebih baik, lebih peduli lingkungan, terbiasa membuang sampah pada tempatnya serta terbiasa hidup bersih dan tertib.



Share on Google Plus

About priya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment