SMP NEGERI 1 KRANGGAN SEKOLAH PENYELENGGARA ADIWIYATA TERBAIK TINGKAT SMP DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2015

SMP NEGERI 1 KRANGGAN
SEKOLAH PENYELENGGARA ADIWIYATA TERBAIK
TINGKAT SMP DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2015
Oleh : Supriyadi, S.Pd.


Adiwiyata adalah program pendidikan lingkungan hidup yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup yang diterapkan di sekolah – sekolah. Tujuan dari program Adiwiyata tersebut adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.
Berkaitan dengan hal tersebut, SMP Negeri 1 Kranggan berkomitmen untuk berpartisipasi melaksanakan program Adiwiyata. Hal ini dimulai sejak tahun 2006, dimana sekolah memulai menerapkan sekolah berwawasan lingkungan. Seluruh warga sekolah bahu membahu mencapai tujuan tersebut dengan berusaha menerapkan 4 komponen yang ada. Komponen – komponen tersebut adalah kebijakan yang berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipasif, serta pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan.
Setelah beberapa tahun menjalankan program Adiwiyata, akhirnya pada tanggal 28 Desember 2015, SMP Negeri 1 Kranggan berhasil menjadi sekolah penyelenggara Adiwiyata terbaik tingkat SMP di Kabupaten Temanggung. Penghargaan Adiwiyata langsung diberikan oleh Bupati Temanggung, Bapak Bambang Sukarno dalam acara Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang bertempat di Taman Kali Progo. Penghargan diterima oleh Wakil Kepala SMP Negeri 1 Kranggan Bapak Agus Slamet, S.Pd.
Dengan penghargaan tersebut, menjadikan kebanggaan bagi seluruh warga sekolah. Namun selain menjadikan kebangganan tetapi juga menimbulkan beban. Beban dikarenakan sekolah harus lebih baik lagi agar mampu mempertahankan dan meningkatkan program adiwiyata agar bisa lolos Adiwiyata tingkat provinsi tahun 2016.

Banyak program yang dipersiapkan untuk bisa lolos Adiwiyata tingkat provinsi. Program itu berkaitan dengan lingkungan seperti lomba kebersihan kelas, gerakan penghijauan sekolah, tamanisasi, bank sampah, pembuatan biopori, pemanfaatan lahan sekolah serta masih banyak kegiatan lainnnya. Program – program tersebut dijalankan guna mengubah perilaku seluruh warga sekolah menjadi peduli terhadap lingkungan dan terus menjaga kelestarian lingkungan alam.

Share on Google Plus

About priya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment