4 Level Kompetensi Guru TIK

Ada 4 tingkatan menakar kompetensi penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi guru. Tingkatan paling dasar adalah ICT Literacy yaitu kemampuan atau pengatahuan untuk mengenal dan menggunakan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi. Guru pada tingkatan ini baru dalam tahap mengenal computer, memegang mouse keyboard, dan menjalankan operasi dasar computer. Tingkatan berikutnya adalah knowledge deepening. Guru pada tingkatan ini telah mampu memanfaatkan teknologi untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan. Tingkatan selanjutnya adalah knowledge creative. Bukan lagi sekedar mendapat, namun pada level ini seorang guru juga telah dapat berkreasi dengan memanfaatkan teknologi. Dan tingkatan paripurna adalah knowledge sharing dimana seorang guru sudah dapat berbagi dengan rekan sejawat. Berbagi informasi, berbagi pengetahuan pengalaman dan wawasan dengan memanfaatkan ragam media yang tersedia.

Hal ini disampaikan oleh Dr. Ari Santoso, DEA Kepala Pustekkom Kemdikbud dalam sambutan pembukaan Seminar Nasional di Jakarta Rabu, 19 November 2014. Dalam bagian lain, Ka Pustekkom menegaskan bahwa konsep kurikulum 2013 sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad 21 sehingga jika di sana sini masih dirasakan ada kekurangan maka hal itu yang harus segera dibenahi.

Seminar yang mengangkat tema Integerasi TIK untuk mendukung Implementasi Kurikulum 2013 menghadirkan Prof. Dr. Zainal Hasibuan sebagai keynote speaker yang menyajikan tentang Integrasi TIK dalam Pendidikan. Selanjutnya sesi panel I menyajikan materi Pemanfaatan TIK untuk mendukung implementasi kurikulum 2013 dengan menghadirkan 3 orang panelis yakni Sri Hargyanto Suryo Prayudo, Oos M Anwas, dan Gatot Pramono. Panel berikutnya yang mengambil topic Perkembangan Integrasi TIK dalam mendukung pendidikan menghadirkan Indriyatno serta perwakilan Microsoft Indonesia.

Bertempat di Ballroom Hotel Shantika taman Mini Indonesia Indah, seminar sehari yang dihadiri oleh perwakilan dinas pendidikan provinsi se – Indonesia serta guru di sekitar jabodetabek ditutup dengan Video Conference Smart Classroom antara peserta seminar dengan para guru yang yang berada di smart classroom di Pustekkom Kemdikbud Ciputat.

sumber : darisini
Share on Google Plus

About SMP N 1 Kranggan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment